Yaman

Bergabunglah dengan YWAM di seluruh dunia dalam berdoa dan mendengar dari Tuhan. Dia mengundang Anda!

Anak-anak Yaman
Foto: Emily B.

Orang-orang Yaman menderita di tengah-tengah perang saudara yang mengerikan. Lebih dari satu juta orang menderita kolera, dan 15 juta jiwa berada di ambang kelaparan. Banyak yang melarikan diri mengungsi  ke negara lain, ke negara yang kondisinya sama buruk atau lebih buruk daripada Yaman. Bergabunglah bersama kami bulan ini untuk berdoa bagi orang-orang Yaman dalam hari doa bulanan YWAM, yang disebut The Invitation, yang berfokus pada negara yang dilanda perang ini.

Yaman adalah negara yang terletak di Semenanjung Arab, dan Yaman adalah negara terbesar kedua di Arab. Secara historis, di negara ini telah terjadi bentrokan politik yang mengakibatkan korupsi, pengangguran, kelangkaan makanan, kurangnya air minum yang aman, dan wabah kolera. Baru-baru ini, ibu kota Sanaa telah berada di bawah kendali pemberontak sejak tahun 2015. Ada konflik yang sedang berlangsung antara Houthi, yang didukung oleh Iran, dan Sunni yang didukung oleh koalisi yang terdiri dari Arab Saudi, Amerika Serikat, Inggris dan Perancis. Konflik ini berdampak pada seluruh aspek di negara itu.

Pada tahun 2019 PBB melaporkan bahwa Yaman adalah negara dengan jumlah orang yang paling membutuhkan bantuan kemanusiaan, dengan total 24,1 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa.Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur  TUHAN.

Yesaya 60: 6

Terlepas dari tekanan hidup mereka di tengah perang dan dalam pengungsian, orang-orang Yaman masih terbuka untuk menerima Injil dan Tuhan sedang bekerja di antara mereka. Silakan bergabung dengan kami bulan ini dalam hari doa The Invitation pada hari Kamis, tanggal 12 Desember untuk mendoakan orang-orang dari Yaman. Jika Anda hanya bisa meluangkan waktu beberapa saat saja untuk berdoa, doakanlah agar kejahatan orang-orang fasik akan segera berakhir sehingga kondisi di Yaman akan menjadi lebih baik dan berdoalah agar Tuhan menyelamatkan orang-orang Yaman yang berhati tulus.

Terima kasih telah menjadi bagian dari The Invitation. Kami akan sangat senang menerima cerita dari Anda tentang bagaimana Anda berdoa. Anda dapat mengirim email kepada kami di prayer@ywam.org.

Seorang Wanita Desa di Yaman
Foto: Caleb L.

Bersiap untuk Berdoa:

Lakukan kegiatan berikut dalam kelompok atau sendiri:

  • Pelajari peta di bawah ini yang mencakup Yaman dan Tanduk Afrika (Somalia, Ethiopia, Eritrea, Djibouti, dan Sudan).
Peta yang Menampilkan Yaman dan Tanduk Afrika
Sumber: www.welt-atlas.de

  • Bacalah fakta-fakta tragis tentang Yaman berikut ini:
  • Diskusikan pernyataan dari akhir video: “Ini adalah eksodus yang sepertinya tidak akan berakhir dalam waktu dekat, dari satu negara bermasalah ke negara lain yang juga bermasalah.” Tempatkan diri Anda pada posisi mereka yang sedang melarikan diri mengungsi ke negara-negara lain dan mereka yang tetap di Yaman.
  • Mintalah Tuhan mengungkapkan bagaimana Anda hendaknya berdoa untuk orang-orang ini.
Seorang pelayan di restoran
Foto: Emily B.

Berdoalah untuk Yaman:

  • Berdoalah supaya ada harapan di tengah situasi yang sangat menyedihkan.
  • Berdoalah supaya segala bentuk kekerasan segera berakhir. Saat ini, sepertinya tidak ada seorangpun yang punya solusi untuk mengakhiri pertempuran.
  • Berdoalah untuk keadilan.

Biarlah berakhir kejahatan orang fasik, tetapi teguhkanlah orang yang benar, Engkau, yang menguji hati dan batin orang, ya Allah  yang adil. Perisai bagiku adalah Allah, yang menyelamatkan orang-orang yang tulus hati

Mazmur 7: 9-10

  • Berdoalah melawan kelaparan, karena 15 juta rakyat Yaman berada di ambang kelaparan. Berdoalah supaya mereka bisa mendapatkan makanan dan air bersih.
  • Berdoalah melawan kolera dan masalah kesehatan lainnya. Organisasi Open Doors melaporkan bahwa 80 persen warga Yaman bergantung pada bantuan kemanusiaan. Berdoalah supaya mereka mendapat akses ke obat-obatan, dokter, dan perawatan kesehatan.
  • Doakan orang-orang Yaman yang sudah percaya yang tersebar di seluruh dunia. Orang-orang percaya di Yaman menghadapi kekerasan dan penganiayaan besar dari keluarga, masyarakat, dan pemimpin agama. Jika mereka tidak menghadapi bentuk penganiayaan yang lebih ekstrem, mereka sering merasa sulit untuk mendapatkan pekerjaan, menikah, bahkan sulit untuk mendapatkan akses untuk mendapatkan kebutuhan dasar mereka. Orang-orang percaya di luar Yaman mungkin mendapati diri mereka diasingkan atau terisolasi dari keluarga atau kelompok sosial mereka. Berdoalah supaya mereka mendapatkan dorongan, pemuridan, komunitas, dan hubungan yang akan membantu mereka bertumbuh dalam iman mereka.

TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.

Mazmur 146: 9

Pasar Kota Tua Sanaa
Foto: Emily B.

Mengambil tindakan

Anak laki-laki desa Yaman
Foto: Emily B.
  • Bagikan di facebook.com/youthwithamission, posting gambar dan tambahkan komentar tentang bagaimana Anda berdoa.
  • Kunjungi twitter.com; cari #praywithywam dan tweet tentang waktu doa Anda / memposting gambar. Anda juga dapat memposting foto di Instagram dan menggunakan tagar yang sama, #praywithywam.
  • Kirim email ke prayer@ywam.org untuk memberi tahu kami bagaimana cara Anda berdoa dan apa yang Tuhan nyatakan kepada Anda.

Bagaimana Kami Telah Berdoa

November 2019 – Tokyo

  • YWAM Ethiopia mengirim salam kepada YWAM Tokyo melalui The Invitation. “YWAM Tokyo yang terkasih, orang-orang Tokyo akan baik-baik saja. Kami akan berdoa, karena Tuhan dapat memberikan solusi untuk doa. Jangan takut, Tuhan hadir dan bersama kalian (Ibrani 6:10). “
  • Seseorang yang lain mengklaim janji-janji dalam Ulangan 33: 26-27 untuk Tokyo.
  • Seorang pria muda merasakan hal ini dari Allah: “Kehadiran Allah sedang bernaung di Tokyo dan saat kehadiran-Nya menaungi kota, orang-orang akan mulai melihat kemuliaan Allah dan kemuliaan Allah akan menarik orang-orang datang kepada Allah.”
  • Ada dialog penting di halaman Facebook YWAM tentang berdoa untuk Tokyo dengan 80 komentar dan 167 kali dibagikan.
    • YWAM Tokyo berterima kasih kepada orang-orang karena berdoa bersama mereka.
    • Orang lain menyarankan agar kita berdoa untuk Tokyo setiap hari.
    • “Jepang, Yesus mencintaimu” adalah pernyataan dari seseorang yang lain di Facebook.
    • Penyanyi Hannah Ford memposting lagunya yang berjudul “Mercy” yang didedikasikan untuk Jepang:

Topik Bulan Berikutnya:

Seri: Prinsip Spiritual dari Masa Awal YWAM

  • 9 Januari: Mencari Tuhan (Loren Cunningham)
  • 13 Februari: Hidup Kudus (Lynn Green)
  • 12 Maret: Takut akan Tuhan (Maureen Menard)
  • 9 April: Ketuhanan Kristus (Darlene Cunningham)

Jangan Ketinggalan Undangan Doa:

  • Daftarkan diri untuk mendapatkan update Undangan Doa. Kunjungi ywam.org, cari kotak ‘’Stay Connected’’ di beranda, masukkan alamat email Anda dan klik ‘’Sign Up’’.
  • Unduh pembaruan doa dalam bahasa tertentu. Kunjungi ywam.org/theinvitation. (Saat ini tersedia dalam bahasa Spanyol, Portugos, Prancis, Indonesia, Korea atau silakan ajukan bahasa lain.)
  • Bergabunglah dalam diskusi tentang bagaimana Tuhan memimpin waktu doa ini. Tambahkan komentar di halaman Facebook pada hari Kamis kedua di facebook.com/youthwithamission atau pada Twitter @ywam, dengan tagar #praywithywam. Anda juga dapat mengunggah foto di instagram dengan menggunakan tagar yang sama, #praywithywam.
  • Anda sekarang dapat mendengarkan Undangan Doa dalam bentuk podcast. Untuk mendaftar atau mendengarkan episode sebelumnya, kunjungi: ywampodcast.net/prayer.
  • Jika Anda merasakan Tuhan memberi Anda sebuah kata atau arahan untuk doa YWAM, silakan hubungi kami: prayer@ywam.org.